7 Sept 2011

Membuat Sistem Repair Disk Windows 7 Pakai Flashdisk

Pada postingan sebelumnya saya sudah posting tentang Membuat Sistem Repair Disk Windows 7.
tutorial tersebut mempunyai fungsi untuk memperbaiki sistem laptop atau komputer dengan OS windows 7. Nah pada tutorial kali ini adalah  Membuat Sistem Repair Disk Windows 7 Pakai Flashdisk. Bagaimana jika laptop atau netbook atau notebook anda tidak mempunyai CD/DVD room, tentunya sangat menyulitkan untuk membuat sistem repair windows 7 tersebut..Untuk membuat sistem repair menggunakan media flashdisk tentunya anda harus punya file image (iso). Jika belum mempunyai file image (iso) maka teman-teman bisa download di NEOSMART.
       Pilihan ke dua jika gak sempat mendownload anda bisa meminjam CD repair windows 7 punya teman anda,,,apabila juga teman anda belum punya maka anda harus memilih langkah membuat sendiri sistem repair disknya dengan menggunakan komputer teman atau laptop teman anda yang mempunyai DVD/CD room..
     
 Langkah-langkahnya: terlebih dahulu membuat flashdisk bootable
  1.  Colokkan flashdisk anda.Pastikan flashdisk yang digunakan tidak mempunyai file penting (kosong) karena flashnya akan di format.
  2. Jalankan perintah CMD. caranya Klik start-->Run-->cmd-->Ok atau tekan logo windows + huruf  lalu ketik cmd. jika masih bingung pada windows 7 bisa ikuti cara ini klik Start » All Programs » Accessories » Command Prompt.
  3. Pada jendela cmd ketikkan DISKPART lalu enter. perhatikan gambar dibawah ini, 
  4.  Kemudian ketik lagi perintah LIST DISK lihat hasil gambar dibawah ini: (pilih disk flashdisk anda.contoh disk 2 adalah flashdisk anda.
  5.  Selanjutnya ketik lagi perintah SELECT DISK 2 lalu enter. Jika flashdisk anda berada pada disk 1 maka rubah perintahnya menjadi SELECT DISK 1.
  6. Kemudian jalankan perintah berikut ini :  CLEAN
    CREATE PARTITION PRIMARY
    SELECT PARTITION 1
    ACTIVE
    Seteah selesai, Selanjutnya, ketik perintah FORMAT FS=NTFS dan tekan Enter. Perintah ini akan memformat flashdisk dengan file system NTFS.tunggu sampai selesai..prosesnya..,
    jika sudah selesai ketikkan lagi perintah ASSIGN. Nah prosesnya sudah selesai.untuk keluar dari DISKPART ketik EXIT lalu enter.
      Jika langkah di atas benar semua maka akan tampak seperti gambar dibawah ini .
     
    Sekarang proses pembuatan flashdisk bootable sudah selesai..,langkah selanjutnya silahkan copy file image (iso) ke flashdisk anda..Jika bentuknya file Rar, maka ekstract dulu lalu copy ke flashdisk..,
    Semoga Bermanfaat..

9 comments:

  1. bro, setelah list disk, muncul "there are no fixed disk to show",

    knap tuh,

    ReplyDelete
  2. bagus good job buat ahmilanakwajo.blogspot.com terima kasih saya berhasil dan sukses makasih thanks

    ReplyDelete
  3. file image (iso) yang gratis dunlut nya dimana ya??

    ReplyDelete
  4. cara instal nya gi mana master

    ReplyDelete
  5. maksud nya cara merepair nya gitu

    ReplyDelete
  6. bro car file isoya dimana (Setelah Proses )

    ReplyDelete
  7. bro ... flshdisknya tdk terditek di list disk

    ReplyDelete
  8. Biasanya flashdisk tidak terdeteksi si cpu atau laptop.makanya gak bisa.coba restart terus ulangi lagi urutannya

    ReplyDelete