17 Feb 2019

KENALI GEJALA OSTEOPOROSIS DAN PELAJARI CARA MENCEGAH OSTEOPOROSIS

Gejala Osteoporosis dapat dilihat dari beberapa tanda-tanda fraktur seperti kepadatan tulang berkurang secara perlahan (terutama pada penderita osteoporosis senilis), sehingga pada awalnya osteoporosis tidak menimbulkan gejala. Beberapa penderita tidak memiliki gejala. Jika kepadatan tulang sangat berkurang sehingga tulang menjadi kolaps atau hancur, maka akan timbul nyeri tulang dan kelainan bentuk. 


Kedua, Kolaps tulang belakang menyebabkan nyeri punggung menahun. Tulang belakang yang rapuh bisa mengalami kolaps secara spontan atau karena cedera ringan. Biasanya nyeri timbul secara tiba-tiba dan dirasakan di daerah tertentu dari punggung, yang akan bertambah nyeri jika penderita berdiri atau berjalan. Jika disentuh, daerah tersebut akan terasa sakit, tetapi biasanya rasa sakit ini akan menghilang secara bertahap setelah beberapa bulan. Jika beberapa tulang belakang hancur, maka akan terbentuk kelengkungan yang abnormal dari tulang belakang yang menyebabkan ketegangan otot dan sakit.

                                                 Pencegahan osteoporosis

Apa itu Osteoporosis dapat Anda baca disini ..Pencegahan Osteoporosis dapat di lakukan denngan cara mempertahankan atau meningkatkan kepadatan tulang dengan mengkonsumsi kalsium yang cukup, dan melakukan olahraga seperti jalan kaki atau mengkonsumsi obat (untuk beberapa orang tertentu).

                                             Obati Osteoporosis Dengan Benar

Jika sudah terlanjur menderita osteoporosis maka dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis, tujuan pengobatan adalah meningkatkan kepadatan tulang. Penderita osteoporosis, harus mengkonsumsi kalsium dan vitamin D dalam jumlah yang mencukupi. Wanita paska menopause yang menderita osteoporosis juga bisa mendapatkan estrogen (biasanya bersama dengan progesteron) atau alendronat, yang bisa memperlambat atau menghentikan penyakitnya. Bifosfonat juga digunakan untuk mengobati osteoporosis.

Kalsitonin dianjurkan untuk diberikan kepada orang yang menderita patah tulang belakang yang disertai nyeri. Pria yang menderita osteoporosis biasanya mendapatkan kalsium dan tambahan vitamin D dan testosteron. Jika sudah terjadi patah tulang karena osteoporosis maka harus segera diobati. Patah tulang panggul biasanya diatasi dengan tindakan pembedahan. Patah tulang pergelangan biasanya digips atau diperbaiki dengan pembedahan. Pada kolaps tulang belakang disertai nyeri punggung yang hebat, diberikan obat pereda nyeri, dipasang supportive back brace dan dilakukan terapi fisik.

No comments:

Post a Comment