5 Feb 2019

KELAINAN PADA JANTUNG DAN CARA HIDUP SEHAT DENGAN SENAM JANTUNG

Penyakit jantung adalah kondisi ketika jantung mengalami gangguan. Bentuk gangguan itu sendiri bisa bermacam-macam. Ada gangguan pada pembuluh darah jantung, irama jantung, katup jantung, atau gangguan akibat bawaan lahir.

jantung memerlukan oksigen dan zat-zat makanan seperti otot-otot lain dalam tubuh. Oleh kaena itu jantung mempunyai perangkat arteri yang memasok darah, oksigen, dan zat makanan bagi otot jantung sendiri. Kelainan yang terjadi pada organ jantung dapat menyebabkan kematian atau penurunan kualitas hidup akibat terganggunya fungsi pompa darah. Kelainan pada jantung dapat terjadi seperti penyakit jantung koroner, merupakan penyebab kematian pertama (hasil survei kesehatan rumah tangga/SKRT Depkes RI). Selain PJK penyakit aterosklerosis juga dapat timbul akibat pengerasan pembuluh darah arteri. Penyumbatan ini dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Aterosklerosis dapat disebabkan karena obesitas, kurang olahraga, rokok, stress berkepanjangan dan konsumsi lemak jenuh yang berlebihan, yang biasa disebut faktor resiko koroner. Lemak jenuh adalah salah satu penyebab utama membangun plak arteri. Dengan menghindari makanan berlemak yang mengandung jenis lemak anda dapat secara signifikan mengurangi resiko penyakit jantung. Bahkan jika anda mengkonsumsi lebih banyak ikan yang tinggi asam lmak omega 3 anda dapat secara signifikan mengurangi membangun plak.

FUNGSI OMEGA 3 Pada ikan dapat membantu membangun HDL kolesterol baik yang membantu menghilangkan kolesterol jahat (LDL). Rokok juga dapat menurunkan kolesterol baik (HDL), meningkatkan agregasi trombosit, menurunkan produksi zat yang melebarkan arteri sehingga akan meningkatkan faktor jantung koroner.

Jenis Penyakit Jantung
Istilah penyakit jantung meliputi beragam gangguan pada jantung, antara lain:
  • Penyakit arteri koroner (penyakit jantung koroner) – penyempitan pembuluh darah jantung.
  • Aritmia – gangguan pada irama jantung.
  • Penyakit jantung bawaan – kelainan jantung sejak lahir.
  • Kardiomiopati – gangguan pada otot jantung.
  • Infeksi jantung – infeksi pada jantung akibat bakteri, virus, atau parasit.
  • Penyakit katup jantung – gangguan pada salah satu atau keempat katup jantung.

LAKUKAN GERAKAN SENAM JANTUNG UNTUK JANTUNG SEHAT ANDA

1. Senam Untuk Jantung yakni Senam SKJ ( senam kesehatan jasmani)
Senam khusus untuk kesehatan jantung seperti senam SKJ, terutama yang dilakukan beramai-ramai tak hanya bakal seru tapi juga sangat bermanfaat dalam menjadi cara melancarkan peredaran darah. Ketika aliran darah lancar, otomatis pembuluh darah tak gampang terkena sumbatan. 
2. Naik Turun Tangga
Jenis senam sederhana lainnya yang bisa dilakukan, khususnya bagi Anda yang tinggal di rumah berlantai dua, naik turun tangga bisa jadi senam untuk jantung sehat yang efektif. Tak perlu harus di rumah, di kantor pun pada jam istirahat bisa Anda gunakan waktu untuk melakukan olahraga tersimpel ini. Anda bisa melakukan selama 15 menit untuk aksi naik turun tangga; lalu, apakah itu tidak terlalu melelahkan? Berikan waktu 5 detik untuk istirahat setelah melakukan naik 5-10 anak tangga dan turun 5-10 anak tangga. Jika Anda masih kuat, ulangi 1-2 kali, terutama bila kondisi lutut Anda masih tergolong sehat.
3. Yoga
Yoga mungkin sepintas dianggap sebagai bentuk olahraga senam lantai dan untuk jantung yang sehat ditambah dengan otot tubuh yang lebih fleksibel, latihan fisik ini bisa Anda coba. Telah dibuktikan dari sebuah hasil penelitian dalam jurnal European Journal of Preventive Cardiology, Yoga adalah cara untuk membuat paru-paru serta jantung penderita masalah jantung jadi lebih baik.
Bahkan beberapa hasil penelitian lainnya pun menyatakan bahwa Yoga merupakan jenis latihan fisik yang dapat menurunkan risiko jenis-jenis penyakit jantung. Tak ada ruginya memulai jenis senam satu ini karena latihan Yoga juga biasanya diandalkan sebagai cara mengatasi stres yang ampuh, khususnya bagi orang-orang penderita penyakit jantung yang mengalami tekanan.
 
 

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete