19 Feb 2019

Inilah Penemu Layar Sentuh (Touchscreen) – George Samuel Hurst

ILMUMEDIAKU - Tahukah anda siapa penemu layar sentuh atau biasanya disebut Touchsceen ?? Pernah kan teman-teman bertanya atau baca artikel di majalah teknologi, lalu sempat Anda berfikir bahwa siapa dibalik penemuan Layarsentuh seperti Smartphone yang kita gunakan saat ini..Nah Anda pensaran kan..? yukk lanjutkan baca asrrtikelnya di bawah ini..

Layar sentuh (Touchscreen) adalah sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digital. Antarmuka layar sentuh, di mana pengguna mengoperasikan sistem komputer dengan menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri.

                                        Inilah Smartphone Pertama di Dunia Baca disini

Penemu layar sentuh (touchscreen) pertama kali di dunia adalah bernama George Samuel Hurst atau biasa di panggil dengan nama Sam saja. Pada tahun 1948, George Sam Hurst mendapatkan sebuah gelar BA fisika di usianya yang masih cukup muda, yaitu 15 tahum. Pada saat itu dia telah terdaftar di Barea College. Selanjutnya George Sam Hurst melanjutkan sekolahnya di Universitas Kentucky di tahun 1948. 

Dia juga bergabung dengan mungkin sebuah organisasi bernama Oak Ridhe National Laboratory atau bisa disingkat dengan ORNL. Geroge Sam Hurst lahir apda tanggal 13 Oktober 1927 di Bell County, Kentucky, Amerika Serikat. Namun sayang, pada tanggal 4 Juli 2015 dia meninggal dunia.
Geroge Sam Hurst adalah seorang ahli fisika, dia juga adalah seorang yang memegang lebih dari tuga puluh hak paten, seorang penulis yang sudah emnulis banyak makalah teknis, dan yang paling hebat adalah dia berhasil menemukan teknologi canggih yang bernama touch screen atau diartikan dalam Bahasa Indoensia bernama layar sentuh.

Layar sentuh atau Touchscreen sendiri adalah perangkat input komputer yang bekerja beserta dengan adanya sentuhan yang ditimbulkan di tampilan layar menggunakan jari manusia atau bisa juga menggunakan pena digital yang biasanya sudah disediakan dari sananya.
Layar sentuh ini bisa dipakai di berbagai kegiatan kita atau pekerjaan kita. Layar sentuh atau touchscreen sendiri pertama kali dilengkapi dengan permukaan transparan yang dikembangkan oleh Prof. George Sam Hurst dan Elographics pada tahun 1974.

Di tahun 1997, Elographcis di kembangkan dan juga dipatenkan dengan teknologi yang keren, yaitu tekonologi lima-kawat resistif, yaitu teknologi layar sentuh yang sangat populer yang sedang digunakan oleh orang-orang saat ini.Teknologi Touchscreen atau layar sentuh sendiri memiliki tiga komponen dasar yaitu panel sensor layar sentuh, pengontrol layar sentuh, dan driver perangkat halus.

Sumber : https://www.penemu.co/penemu-layar-sentuh-touchscreen-george/

No comments:

Post a Comment