26 Feb 2019

TIPS MENGHADAPI ORANGTUA LANJUT USIA AGAR HIDUP INI BERKAH

Menjadi tua memang tidak bisa dicegah, ini sudah menjadi fitrahnya manusia. Saat usia memasuki senja, banyak organ tubuh mulai mengalami penurunan fungsi. Misalnya mata menjadi rabun, tubuh cepat lelah, serta daya ingat turun (pikun). Proses menua (lansia) adalah proses alami yang disertai adanya penurunan kondisi fisik, psikologis maupun sosial yang saling berinteaksi satu sama lain.

Tidaklah rugi apabila kita diberi kesempatan untuk merawat orangtua kita di kala ia sudah lanjut usia. Pengobatan orangtua tidak akan bisa terbalaskan walaupun itu dengan harta yang sangat melimpah sekalipun. Dalam merawat orangtua di hari tuanya, banyak godaan yang datang terhadap kita sebagai anaknya, hal ini dikarenakan psikologi dari mereka sudah banyak berubah, bukan lagi sebagai orangtua tempat kita meminta perlindungan akan tetapi kita yang harus melindungi dan merawatnya.
Seperti hadits yang sering kita dengar dari Nabi SAW, " Persaudaraan umat muslim itu bagaikan sebuah tubuh, jika salah satu anggota tubuh merasa sakit, maka bagian tubuh lainya akan merasakan sakit juga". Hal ini menjadi dasar bagi seorang muslim untuk menjaga dan memberi perhatian kepada sesamanya terlebih orangtua kita. 



                  Baca Juga Ridho Allah Terletak Pada Ridho Orangtua


Kewajiban Kita Merawat dan Memperhatikan Orangtua Kita di Usia Lanjut

 Yang perlu diperhatikan oleh kita sebagai anaknya dalam menghadapi orangtua yang telah lanjut usia adalah kesabaran kita dicoba. Manusiawi kalau ada rasa kesal dalam diri kita dalam menghadapinya, akan pengorbanan kesabaran beliau meghadapi kita semasa kecil, belum seberapanya dengan apa yang kita lakukan untuknya. Dengan Kasih sayang beliau merawat kita dengan kesabaran dan ketulusan hingga kita besar kini. Segeralah meminta maaf bila beliau mengetahui kalau kita kesal dan tidak sabar dengan apa yang dilakukannya. Keikhlasan, apa yang kita kerjakan dalam merawat orangtua yang telah lanjut usia akan  terasa oleh beliau dari pekerjaan yang dikerjakan kita untuknya, maka disaat kita membantu mempersiapkan segala kebutuhannya dan merawatnya maka keikhlasan itu harus tertanam dalam diri kita. 

Mengerti sifatnya, kenalilah sifat dan karaker orangtua kita, dan terimalah apa adanya karena karakter tersebut tidak akan pernah hilang dari dalam dirinya, disinilah kita harus menerima sifat dan karakter dari orangtua kita. Jangan selalu menyalahkan sifat dan kebiasaan dari diri lansia sendiri yang sudah terpola sejak beliau anak-anak, dewasa, sebagai istri, Ibu dan kini sebagai orang yang sudah lanjut usia. Memberikan waktu dan mau menerima apa yang sangat diinginkan oleh orangtua lanjut usia, dan cobalah sediakan waktu sepulang kerja atau ada kesempatan, duduklah disebelahnya mengajak beliau berbicara sambil melayani keperluannya. Ceritakan apa saja yang membuat beliau dapat berkomunikasi dan merasa diperhatikan.


Meraih Ridho Allah dari Orangtua

Ada begitu banyak cara untuk mendapatkan ridho Allah yakni dari Orangtua. Beberapa hal diantaranya dengan berkata lemah lembut kepada orangtua, berbahasa dengan sopan dan baik, tidak berkata "AH" kepada orangtua dan mendoakan kebaikan untuk mereka dunia dan akhirat. Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang berbakti kepada orangtuanya dan mengasihi mereka seperti mereka mengasihi anak-anaknya dari bayi hingga dewasa. Merawat dan memperlakukan orangtua dengan penuh kasih sayang dan tak pernah membentaknya. Serta selalu memberikan yang terbaik dan tak pernah mengeluh ketika orang tua mereka telah berusia lanjut dan harus menjaganya dengan sepenuh hati. Meraih ridho Allah SWT dari orang tua dengan selalu berbuat baik pada mereka, tak mengeluh saat direpotkan, dan selalu menjaga dan menyayangi dengan sepenuh hati. Mencintai dengan penuh ketulusan dan keikhlasan untuk mendapat ridho Ilahi. Berbakti pada orangtua demi membalas budi mereka yang mungkin takkan pernah dapat ditebus dengan lamanya usia di dunia.

           Coba Terapkan 7 Tips Merawat Orangtua Lanjut Usia

 1. Luangkan waktu untuk selalu bersama orangtua. Orangtua yang sudah lanjut usia biasanya selalu manja dan ingin ditemani agar tidak kesepian, jadi luangkanlah waktu sebanyak mungkin untuk menemaninya. Karena Anda, Kita semua juga ditemani oleh Beliau semasa kita masih bayi sampai beranjak dewasa.
2. Rawatlah Orangtua di rumah dan jangan dititipkan di panti jompo. Orangtua selalu ingin dekat dengan anak dan cucunya, jadi jangan menitipkannya di panti jompo karena itu akan membuatnya bosan dan menambah stres.
3. Ajaklah orangtua jalan-jalan. Orangtua yang sedang sakit biasanya akan cepat merasa bosan jika berada di dalam rumah. Oleh karena itu, ajaklah jalan-jalan ke taman untuk melepas ke bosanannya.
4. Bawakan buah-buahan untuk menambah asupan gizi makanannya.
5. Perhatikan pola makannya. Jangan biarkan orangtua makan sembarangan, apalagi jika tidak teratur karena akan mengganggu kesehatannya.
6. Jangan bertengkar di depan Orangtua. Karena walaupun sudah lanjut usia, orangtua tetap memikirkan kita. Jadi jangan sampai beliau mengetahui permasalahan yang kita hadapi.
7. Bersikaplah sabar dalam menghadapi orangtua yang terkadang manja. Perbanyaklah berdoa untuk keselamatan Orangtua kita baik di Dunia maupun di akhirat kelak.

No comments:

Post a Comment