2 Aug 2011

Mengembalikan File yang Kena Virus Shortcut

Assalamualaikum...

Tutorial kali ini ANE akan memposting sedikit Tips yang mungkin teman-teman sering mengalami kejadian Flashdisknya kena virus shortcut. 
Pagi-pagi saya di hubungi teman saya kalau Flashdisknya yang ukuran 8GB tiba-tiba semua filenya(folder) berubah menjadi folder "shortcut". padahal teman saya buru-buru mau masukin proposal penawaran kerjasama, sedangkan filenya tidak bisa dibuka..yang ada hanya folder dengan ukuran 1KB..shortcut dengan tanda anak panah "shortcut" .contohnya seperti gambar berikut..
Nah,,Sebelumnya jangan panik dulu,,coba tarik napas pelan -pelan kemudian hembuskan perlahan..hehhehee lebay deh....,Tenang ada cara manjur nih biar folder atau filenya balik lagi seperti semula..nah langsung saja ke pokok pembahasan..heheee


* Langkah awal ..*
Scan Flashdisknya dengan antivirus seperti avira dengan updetan terbaru,avast atau kaspersky yang terbaru.Setelah itu Hapus folder shortcutnya.,,
*Langkah Kedua*
  1. BUka Command Prompt dari Start Program, Accessories, Command Prompt (atau)tekan logo   windows+R lalu ketiki cmd lalu enter
  2.  Arahkan lokasi Flashdisk berada misal di Drive F atau G, atau H dan sebagainya, caranya lihat dulu di windows Explore, lihat posisi flashdisk
  3. Contoh misal di F, maka pada Command Prompt ketik F: kemudian enter
  4. Setelah berada di F seperti berikut ini F:\>
  5. Ketik ATTRIB -H -R -S *.* /S /D  

  6. Tunggu sampai muncul F:\>
Jika sudah selesai lihat windows explore Flashdisk. Maka file dan folder yang disembunyikan bisa tampil kembali dan biasanya terdapat beberapa file seperti berikut ini : x.exe,  voapex.exe, alg.exe, toajez.exe dan lain sebagainya. Hapus file file tersebut..sekarang file/foldernya sudah kembali...,bila perlu scan ulang lagi..flashdisknya..

Selamat mencoba..

6 comments:

  1. kebetulan belum pernah kena virus yg satu ini. thx infonya :)

    ReplyDelete
  2. sama-sama...,,yo hati-hati saja...colokin flashdisknya nya..,makasih dah mampir ..

    ReplyDelete
  3. bang ahmil dah lama ga maen ksini lagi,
    naek gunung nyookk,,
    hahhaa.

    oh iya maaf OOT nih, mohon maaf lahir dan batin ya,
    semoga puasanya lancar,

    ReplyDelete
  4. Yukk..kapan naeknya...tapi jangan bulan puasa ini yah ..hehehe...Mohon Maaf lahir dan batin juga...aminn amin aminn

    ReplyDelete
  5. SD card saya kena virus seperti yg diatas
    sarannya udah saya ikuti, shortcut sudah terhapus, tapi kenapa saat mengikuti langkah ke-5 tidak muncul lagi F:/> melainkan hanya kursor kedap-kedip
    saat saya buka file manager di HP saya masih ada folder2nya tapi saat dibuka di komputer sudah tidak ada
    kenapa ya?

    ReplyDelete
  6. makasih mas, sarannya sudah saya ikuti dan folder tsb kembali
    sekali lagi terima kasih :D

    ReplyDelete