31 Aug 2011

Cara Menghapus dual boot pada Windows 7

Minal Aidzin wal faizin yah teman-teman..kali ini ane kembali lagi bagi-bagi info seputar windows 7..nah tips kali ini adalah bagaimana  Cara Menghapus dual boot pada Windows 7. apa maksutnya dual boot.? maksutnya adalah komputer atau laptop kita memiliki dua operasi system (OS). sebagai contoh ketika menghidupkan laptop/komputer maka pada booting maka akan tampak dua pilihan untuk booting ke OS yang lain .seperti “Earlier Version Of Windows” pada sistem startup.Mungkin teman-teman sebelumnya mengisntal windows XP dan pada saat menginstall windows 7 lupa untuk mengupgrade atau membuat instalan ulang sehingga memiliki dua sistem operasi.. Mungkin saja dual boot ini akan merasa menganggu dan kepengen untuk menghapus salah satu OS nya..

Nah ini ada cara sederhana yang sangat manjur buat menghapusnya tanpa membutuhkan software.
Berikut adalah bagaimana cara agar Teman-teman dapat menghapus entri boot loader yang tidak perlu dan boot langsung ke Windows 7.

  1.   Jalankan Command Prompt dengan cara klik Start >> Run >> CMD >> Enter.
  2. Selanjutnya setelah Command Prompt terbuka ketikan bcdedit,maka akan tampak seperti gambar berikut 

    Gambar diatas adalah contohnya. Setiap orang mungkin memiliki hasil yang berbeda ketika  mengetik perintah. Pada dasarnya semua daftar OS yang telah terdaftar ke Windows Boot Manager. Misalnya, seperti yang gambar diatas, ada entri yang disebut “Legacy Windows OS Loader”, pengenal yang berisi nilai “NTLDR ()”. Legacy OS Windows Loader digunakan untuk memuat Windows XP pada sistem ini, karena nilai NTLDR adalah default untuk bootloader WinXP. 

    •  langkah selanjutnya Sekarang ketikan bcdedit /delete {ntldr} /f. tampak seperti gambar berikut.

    setelah selesai akan muncul notifikasi seperti ini  “The operation completed successfully”, restart komputer. Dan Anda tidak akan melihat opsi boot lagi selama startup berikutnya.
  3.  Semoga bermanfaat yah .oh iya jika perintah ini tidak berhasil dan muncul pesan store couldnt not be opened maka bisa teman-teman pakai cara berikut ini :klik start – >run – >msconfig – >boot –>(pilih lokasi boot yang akan dihapus) – >delete – >ok.
     
    Selesai deh..semoga bermanfat..






Related Articles/Artikel Terkait



4 komentar:

Makasih ya sob,, ane udh berhasil. izin ane bookmark ya,,

terima kasi gan, bila could opened musti buka melalui safe mode gan,

Nice Info Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya
https://rentalsewalaptopsurabaya.wordpress.com/

Post a Comment