22 May 2010

Pulau Kondo in Permaan

Hufftttt..capek,pening,ngantuk..sibuk kuliah, kerja tugas..apa lagi yea..?? lupa deh..
akhirnya lupa ngeblog.tapi gak apa-apa mumpung malam mingguan gak kemane-mane mendingan update blog dah..!! Sebenarnya di ajak temen mau pengajian tapi lagi capek banget ..ya sudalah jangan dipaksa. Tadi kepengen update blog, tapi bingung dah mau posting apa..posting tentang Pulau Kondo saja dah...sudah kehabisan Ide niew...
Ayo kite mulai..

Ada yang bingung gak?? atau belum pernah dengar Pulau Kondo.Nama pulau ini di ambil dari Bahasa Bajo Permaan. Nah pasti tambah bingung lagi Pulau Permaan thu dimana sich..
ya sudah deh saya terangin saja letaknya..Pulau kondo artinya Pulau Burung Bangau yang ada di Pulau Permaan, Kabupaten sikka kota Maumere Propinsi NTT..nah lengkap sudah letaknya.kok pulau Bangau sich..? Ya iyalah..Disana kan banyak burung Bangaunya.makanya dinamakan Pulau Bangau.



Dulunya pulau itu agak luas, karena pengaruh gempa tahun 92 makanya tambah kecil saja..Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata bagi anak-anak SD Parumaan, biasanya mereka kesana mau nangkap Bangau dan memncari telurnya..Apalagi pasir putihnya yang mengkilat..Di depan pulau ini ada tumpukan pasir putih..yang cukup tinggi..Jadi kalau pasang Surut kelihatan pasirnya dari jauh.
waktu kecil sich sering main kesana..(pulau kondo).Pernah sekali saya dan teman-teman lihat ular gede warnanya hijau kepalanya besar.gak tau deh sekarang sudah mati atau belum..

Disana kita dapat menjumpai lubang gunung semacam gua besar gitu , tapi gak terlalu besar hanya membentuk kamar-kamar.nah didalam situ burung bangau bersarang.kita harus hati-hati kalau mau ambil telurnya.Biasanya disamping sarangnya ada Ular yang menunggu..ich seram.Dulu sich tempat ini biasanya juga selalu di datangin sama Bule-bule.Mereka berjemur di atas tumpukan pasir kalau pasang surut..gak tau dah sekarang masih pa gak...soalnya dah lama gak pulang kampoeng..
Tidak heran lagi warga permaan singgah di situ pabila pulang dari mencari ikan.

Dipinggir-pinggir gunungnya banyak ikannya lho sama Lobster.kalo hanya mau cari ikan buat lauk saja cukup kalau mancing atau pasang BuBu di pulau ini..
Yang jelas Pulau ini untuk sekarang terkenal dengan Ikan teri.Yaitu ikan kecil-kecil punggungnya warna putih campur biru. Para pemancing ikan tongkol,dari pulau Pemana biasanya datang membeli umpan di nelayan BAGAN.


Related Articles/Artikel Terkait



0 komentar:

Post a Comment