22 May 2010

Anak Seribu Pulau

Saya sangat bangga punya keturunan Suku Bajo. Yang walaupun sering dikatakan manusia perahu..tapi saya tidak malu..malah bangga saya.Suku bajo sering diidentikkan dengan kemiskinan tapi saya mengatakan tidak justru suku bajo bisa bertahan baik dibidang sosial,budaya,dan ekonomi. Contohnya saja cara memperbaiki mesin diesel,orang bajo mulai dari kecil sudah tau memperbaiki mesin diesel .mulai dari merakit,memasang komponen sampai mesinnya jadi.hai ini tidak mereka dapatkan dari sekolah atau kursus tapi talenta pengetahuannya sangat baik.Coba saja teman-teman berkunjung di tempat saya, dan lihat perkembangan disana hehehe promosi nie yee...!!! Yah tapi alhamdulillah saya bersyukur sekali karena sekarang suah banyak orangtua khususnya dari bajo pulau permaan sudah sadar akan pentingnya dunia pendidikan..sehingga sekarang sudah banyak yang menyekolahkan anaknya sampai perguruan tinggi.

Pohon Di Tengah Laut

Percaya gak yea ada pohon di tengah laut..Kalau saya sich percaya sekali .wong saya biasa lewat situ kalau pulang mancing ikan. Nah ini fotonya:



Pohon ini terletak di bagian barat pulau permaan.Dulunya sich ada 4 batang ,.tapi duanya sudah tumbang pengaruh kondisi air yang tidak mendukung.Konon katanya kalau malam jum'at biasanya terdengar suara Adzan di pohon ini,kata orang tua disana sich bener.Opaku juga pernah ceritain kalau itu ada. Emang sich kalau pasang surut waktu bulan purnama daerah ini kering total sehingga kita bisa berjalan ke pohon ini.jaraknya kira-kira 200 meter dari perkampungan. Jadi teringat masa kecil niew..hehehe

Pulau Koja Doi

Nah mungkin Pulau ini sudah banyak yang kenal.Soalnya letaknya juga Strategis yaitu di PULAU Besar.Masih di Maumere Flores-NTT. Pulau ini beda dengan pulau Permaan mulai dari bahasanya sama letaknya.Penduduk asli pulau ini dari Buton Sulawesi macam-macam ragamnya.Ada yang dari Buton Molle,Buton Kendari..intinya masih satu bahasa dengan Suku Buton yang ada di Pulau Pemana.



Dari kacamata orang Bajo Pulau Ini disebut Tukoh Kaba',ini kalau diartikan kebahsa Bajo.Artinya Sarang kelelawar.Konon katanya dulu pulau ini banyak terdapat kelelawar..tapi sekarang sarang kelelelawarnya berpindah ke pasir Putih.Disana penduduknya hampir sama dengan suku bajo,kebanyakan Nelayan..ya mau gimana lagi..gak mungkinlah mau bertani disana..hehehe
nah ini foto desa Pasir Putih




Tanjung Desa Pemana Ngolo

Mendengar kata Pemana mungkin tidak asing lagi,soalnya sudah sangat terkenal.Tak heran lagi kalau masalah bisnis disana muantapz..terutama bisnis RB (rombengan).Masyarakatnya sukses-sukses deh pokoknya. Pulau ini masih juga termasuk di wilayah kabupaten Sikka -Maumere. Kalau gak salah Pulau Ini terbagi menjadi dua bagian sebelah utara Pemana kampung dan di sebelah barat Pemana Ngolo. Penduduknya asli Buton Sulawesi.
Nah ini salah satu fotonya: ini foto di tanjung pemana Ngolo..bagus gak??


Related Articles/Artikel Terkait



3 komentar:

assalamualaikum...saya remy suku bajau dari sabah malaysia....hehehhe..bila saya terbaca cerita saudara di atas...saya tersenyum sinis...hheheh...ya...bangsa kita perlu perubahan dan pembangunan..saya sendiri sudah melepasi universiti utara malaysia....bachelor of islamic banking administration...kalo di sabah malaysia..bangsa kita bajau itu sudah mencapai kemajuan...bukan lagi tinggal di pulau-pulau...meski ada yang masih bermukim di sana..tetapi adalah dalam kuantitas yang sedikit...di malaysia, brunei atau filipina...khusunya di negeri sabah..bajau itu profesinya selain sebagai nelayan...ramai juga yang menjadi petani..pedagang...dan sudah berjaya menjadi guru atau cikgu...doktor...saintis..engineer...peguam...menteri-menteri kabinet...penguasa..pemerintah...dan sebagainya....malah lebih maju dari bangsa-bangsa lainnya...ini bukan cerita dongeng..ini memang benar...coba datang ke malaysia...dan lihat sendiri bagaimana bangsa mu ini maju dan membangun meninggalkan bangsa-bangsa lain...bangsa kita bajau itu sememangnya sudah maju ratusan tahun lagi..tetapi kurang mendapat publisiti dan liputan..di kepulauan australia...org bajau di sana lebih maju dari bajau yg ada di nusantara ini..hehehhe..jangan berkecil hati donk ahhh....salam bajau dari malaysia...

kalau mahu kenal lebih lagi tentang budaya bajau di malaysia..nah silakan klik link ini..:
http://www.youtube.com/watch?v=nvEtuL_BS4w

Assalamualaikum. dulu aku pernah sekolah di SMP Tampil Maumere. Punya beberapa teman dari Pulau Pemana, dan pas liburan sekolah aku pernah seminggu disana. Pulau Pemana sangat indah, alami dan exotis dengan orang-orangnya yang ramah. Kalau Penulis asli dari Pemana apa kenal dengan Tahiri, Tasjudin, Efendi? mereka adalah teman2 kecilku. kalau kenal sampaikan salam ku dan ini fb ku: teguh882@yahoo.com tx

Post a Comment