3 Sep 2011

Suku Bajo di Wakatobi

Sebelumnya ane sudah posting tentang belajar-bahasa-bajo-sebelum-ke-wakatobi.Untuk kosa kata bahasa bajo bisa teman-teman baca disini kosakata-bahasa-bajau .
Kabupaten Wakatobi adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Wangi-Wangi. Yang mana wilayah wakatobi berbentuk kepulauan. Mendengar kata wakatobi akan membuat imajinasi kita akan pesona bawah lautnya yang sangat eksotis dan sangat indah dengan terumbu karang yang masih alami, hamparan pantai yang begitu menyejukkan mata. Tak heran lagi jika sekarang pulau ini sudah menjadi taman wisata nasional. Bahkan wisata taman laut wakatobi sudah semakin banyak dikunjungi wisatawan dan sudah mulai di lirik oleh banyak media.

  
  Penduduk asli wakatobi adalah suku bajo. yang menyebar di Kecamatan Wangi-Wangi Selatan dengan jumlah penduduknya 23,37%, berada di Kecamatan Wangi-Wangi 19,05%, berada di Kecamatan Kaledupa 17,86% berada di Kecamatan Tomia dan 15,01% berada di Kecamatan Binongko. Suku bajo diwakatobi mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan yang sudah menjadi turun temurun Nenek moyang mereka, Yang mana laut adalah IBU bagi mereka. Suku bajo disana masih sangat khas dengan tradisional yang masih diwariskan oleh nenek moyang mereka. salah satunya adalah dengan menjaga lautan dan tidak merusak flora dan fauna disekitarnya. Bagi para wisatawan wakatobi adalah surga laut yang penuh dengan pesona yang begitu indah..
Penduduknya juga sangat ramah tamah dalam menyambut tamu (para wisatawan) yang berkunjung  di wakatobi dengan ritual penyambutan yang masih khas.


Related Articles/Artikel Terkait



4 komentar:

keren artikel dan fotonya kawan :) i like it

iya makasih juga kawan sudah berkunjung..

nice article, bisa untuk katalog wisata. trim salam kenal

bagus sekali :o
lautnya terlihat bulat ya. jadi kelihatan bumi kalau bulat, dan ajaib karena tidak tumpah. keren ya pemandangannya. jadi pengen lihat sendiri nih kesana hehe

oya, makasih ya infonya, saya baru tau kalau di sulawesi ada pemandangan sebagus itu dan ada kota yang namanya wakatobi. ilmu baru, pengetahuan baru ^_^

Post a Comment