4 Sep 2011

Menangis Karena Takut Kepada Allah


Menangis karena takut kepada Allah disunahkan. Dalilnya
). adalah al-Quran dan as-Sunah. Adapun dalil-dalil dari al-Quran
adalah:
Maka apakah kamu merasa heran terhadap pemberitaan ini? Dan
kamu mentertawakan dan tidak menangis? (TQS. an-Najm [53]:59)

Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan
mereka bertambah khusyu‘. (TQS. al-Isra [17]: 109)
Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada
mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan
menangis. (TQS. Maryam [19]: 58)


Dari Ibnu Mas’ud ra., ia berkata; telah bersabda Nabi saw.
kepadaku:
“Bacalah al-Quran untukku!” Maka aku pun bertanya,”Wahai
Rasul! Apakah aku harus membaca al-Quran untukmu, sedangkan
al-Quran itu diturunkan kepadamu? Beliau saw. bersabda, “Aku
sangat menyukai mendengarkan al-Quran dari orang lain.” Ibnu
Mas’ud berkata; Maka aku membacakan al-Quran surat an-Nisa
untuk Rasul, hingga aku sampai pada ayat: “Maka bagaimanakah
(halnya orang kafir nanti), apabila Kami mendatangkan seorang
saksi (rasul) dari tiap-tiap umat dan Kami mendatangkan kamu
(Muhammad) sebagai saksi atas mereka itu (sebagai umatmu).”
(TQS. an-Nisa [4]: 41). Kemudian Rasulullah saw. bersabda,
“Cukup sampai di sini.” Aku menoleh kepada Rasul saw., ternyata
kedua matanya mengucurkan air mata. (Mutafaq ‘alaih).


Related Articles/Artikel Terkait



0 komentar:

Post a Comment