28 Jul 2011

Solusi Masalah Instalasi Windows




Sebagian besar pengguna komputer di dunia menggunakan windows sebagai sistem operasi komputer. Hal ini mungkin karena windows merupakan OS yang familiar dan mudah untuk di instalasi dan operasikan.

Akan tetapi, terkadang ada hambatan saat proses instalasi windows, sehingga ia sangat sulit sekali untuk di instalkan. Berikut ini adalah beberapa penyebab gagalnya proses instalasi windows pada komputer.

1. CD Windows yang sudah rusak. Menyebabkan data-data didalamnya banyak yang rusak/corrupt sehingga sudah tidak layak digunakan lagi.

2. System Harddisk yang tidak teratur. Penyebab rusaknya ialah bias karena ulah virus atau pun faktor lain yang bisa anda temukan pada penyebab rusaknya harddisk. Sebenarnya masalah ini bisa diatasi jika kerusakkannya tidak terlalu parah. Caranya ialah dengan mengscan harddisk tersebut menggunakan DOS. Caranya ialah dengan menggunakan perintah SCANDISK. Jika belum berhasil, maka anda terpaksa harus memformatnya menggunakan DOS dengan menggunakan parameter c (Clean). Contoh perintahnya ialah FORMAT C:/c . Setelah itu baru anda lakukan instalasi windows.

3. Hardware yang bermasalah, biasanya pada RAM. Gejalanya terjadi saat proses instalasi, tiba-tiba ditengah jalan prosesnya tidak bisa dilanjutkan dan komputer minta merestart. Solusinya ialah dengan melepaskan RAM yang bermasalah tersebut (jika anda menggunkaan RAM 2 buah atau lebih).

Mungkin itulah diantara penyebab kenapa gagalnya proses instalasi windows yang pernah saya alami. Mudah-mudahan bermanfaat. Bagi anda yang ingin menambahkan atau sedikit mengoreksi,silahkan kasih komentar..


Related Articles/Artikel Terkait



0 komentar:

Post a Comment