29 Jul 2010

Amalan-amalan di Bulan Suci Ramadhan

 Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah dimana bulan yang ditunggu-tunggu oleh kaum muslimin dan bulan ketika pahala dilipatgandakan dan syaithan dibelenggu.Sehingga pada bulan ini kita semua dimudahkan melakukan kebaikan-kebaikan yang sangat banyak. hari-hari dalam bulan ramadhan merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi kita seorang muslim untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan berbagai amalan ibadah dan kegiatan, karena pada bulan ini pula Allah menjanjikan pahala yang sangat banyak.
  Limpahan pahala yang telah Allah janjikan, dan janji Allah itu pasti benar untuk kita, maka sudah sepatutnya kita harus semangat dalam menyambut  bulan suci Ramadhan dan membekali diri kita dengan Ilmu.Ini lah saatnya kita berlomba-lomba melakukan amalan-amalan kebaikan.
Rasulullah saw bersabda: “Di bulan Ramadhan ada lima hal yang diberikan kepada ummatku dan tidak diberikan kepada ummat para nabi sebelumku: pertama, setiap memasuki malam di bulan Ramadhan Allah swt memandang mereka dan setiap orang yang dipandang oleh Allah ia tidak akan diazab oleh- Nya; kedua, ketika memasuki sore hari bahu mulut mereka lebih harum dari kasturi di sisi Allah; ketiga, para malaikat memohonkan ampunan untuk mereka setiap hari dan malam; keempat, Allah Azza wa Jalla berfirman kepada surga-Nya: berhiaslah dan persiapkan kamu untuk peristirahatan hamba-hamba-Ku dari kelelahan dan penderitaan dunia, agar mereka berada di rumah kemulian-Ku; kelima, pada akhir malam bulan Ramadhan Allah Azza wa Jalla mengampuni semua dosa-dosa mereka.” Kemudian seorang sahabat bertanya: Apakah malam itu malam Al-Qadar? Beliau menjawab: “Bukan, tidakkah kamu melihat betapa besar pahala orang-orang yang beramal baik.” (Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah: 91)
Amalan-amalan dibulan suci Ramadhan :

* Ketika Waktu Subuh
  1. Ketika mendengar adzan subuh dikumandangkan, maka jawablah panggilan adzan sebagaimana yang diajarkan NABI Besar MUHAMMAD SAW, dan ketika selesai membaca Do'a; "Ya Allah , Rabb pemilik panggilan yang sempurna dan shalat wajib yang ditegakkan berikanlah kepada Muhammad wasilah dan fadhilah bangkitkanlah beliau ketempat yang terpuji yang telah engkau janjikan kepadanya (HR.bukhari).
  2. Tunaikanlah Shalat sunnah fajar dua rakaat.. karena " Dua raka'at shalat sunnah fajar lebih baik dari dunia beserta isinya (HR.muslim). di sunnahkan membaca surat Alkafirun pada raka'at pertama dan surat An-naas pada raka'at kedua.
  3. Memperbanyak Doa,dzikir membaca Al-Quran sampai dikumandangkan iqomah. : "Doa yang tidak ditolak yaitu doa antara adzan dan iqomah.(HR.Abu daud.dan Tirmizi).
  4. Bersegera langkahkan kaki menuju mesjid untuk menunaikan shalat shubuh secara berjama'ah, Nabi Muhammad bersabda : "Seandainya mereka mengetahui apa yang ada di sholat 'Isya dan subuh (fadhilahnya), tentu akan mendatanginya walau dengan merangkak. berilah kabar gembira kepada orang yang berjalan di kegelapan menuju mesjid dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat. (HR.at Tirmizi dan ibnu mazah.) Jika selesai sholat shubuh (Rasulullah) duduk berdiam diri di masjid sampai matahari terbit berwarna putih.(HR. Abu Daud) dan sesungguhnya sholat subuh disaksikan oleh para Malaikat.
  5. Setelah matahari terbit melaksanakan sholat sunnah dua raka'at " Barangsiapa shalat subuh secara berjama'ah kemudian duduk  untuk berdzikir sampai matahari terbit, kemudian shalat dua raka'at maka baginya pahala haji dan umrah sempurnasempurna dan sempurna..(HR,at Tirmizi dan dishahihkan oleh Al-Albani)
  6. Berupaya mengerahkan semua potensi untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya selama bulan ramadhan; Senantiasa atas setiap persendian di antara kalian adalah shadaqoh, maka setiap tasbih adalah shadaqoh, setiap tahmit adalah shadaqoh, setiap tahlil adalah shadaqoh, setiap takbir adalah shadaqoh, memerintahkan kepada yang baik adalah shadaqoh, mencegah dari yang kemungkaran adalah shadaqoh, dan dicukupkan dari itu semua dengan shalat dhuha dua raka'at (HR.Muslim).
  7. Bekerja bagi yang sudah bekerja untuk menafkahi diri dan keluarga sambil selalu meniatkan agar mendapatkan keridhaan Allah SWT." Tidaklah seseorang makan suatu makanan lebih baik makan dari hasil kerjanya sendiri, sesungguhnya nabi Daud AS.. makan dari hasil kerjanya sendiri (HR.Bukhari).
  8. Belajar bagi pelajar, untuk menuntut ilmu demi kepentingan dunianya dan akhirat."Barangsiapa yang meniti suatu jalan untuk mencari ilmu maka Allah SWT akan memudahkan baginya jalan menuju surga,,(HR.at Tirmizi)
  9. Senantiasa berzikir kepada Allah SWT.." Bukankah dengan berdzikir hati akan menjadi tenang (QS.Arra'd :28)..Sebaik-baiknya amal adalah engkau berpisah dari dunia, dan lisanmu basah dari dzikir kepada Allah SWT.(HR.Ahmad)
* Ketika waktu Dhuhur
  1. Mengerjakan sholat sunnah dua raka'at sebelum dan sesudah sholat dhuhur
  2. menunaikan sholat dhuhur secara berjama'ah
  3. Istirahat dengan selalu meniatkan untuk mendapat keridhaa-Nnya...karena tidur adalah ibadah..
  4. Senantiasa berdzikir kepada Allah dikala duduk, berdiri, bekerja dan melakukan aktifitas apa saja...
  5. menundukkan pandangan ketika keluar rumah..karena berpuasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga tetapi semua anggota tubuh juga harus ikut berpuasa...
  6. membaca Al-Qura'n setelah sholat dhuhur dan sebelumnya..


Related Articles/Artikel Terkait



0 komentar:

Post a Comment