5 Apr 2010

Cara Sharing Printer di Windows

Tips Sharing Printer di Windows

Melihat kata Sharing pasti kita langsung tau artinya, kalo gak salah artinya hampir sama dengan berbagi.Maklum bukan asli orang Inggris hehehehehe..kita langsung saja ya?kebanyakan intro..^_^

Yang dimaksud sharing printer disini adalah menggunakan printer yg terpasang pada komputer lain yang juga terhubung ke dalam satu jaringan dengan komputer kita.
Anggap saja komputer anda sudah terkoneksi ke dalam sebuah jaringan dan workgroup. Berikut langkah-langkah untuk berbagi (sharing) printer:

1.Lakukan hal berikut pada komputer yang terkoneksi dengan printer:

* Klik Start menu.
* Masuk ke Control Panel. Atau dapat juga langsung masuk ke Printers and Faxes. Lihat gambar berikut :

* Masuk ke Printers and Faxes. Kemudian akan tampil printer yang kita miliki.
* Klik kanan printer yang akan di sharing lalu pilih share.

* Akan muncul dialog box. Lalu pilih ”Share this printer”. Isikan nama printer yang akan terbaca di komputer lain.
* Lalu klik OK.
* Maka printer sudah di sharing dengan tanda terdapat gambar tangan pada icon printer tersebut.

2.Lakukan hal berikut pada komputer yang akan menggunakan printer di komputer lain:

* Klik Start menu.
* Masuk ke Control Panel. Atau dapat juga langsung masuk ke Printers and Faxes.
* Masuk ke Printers and Faxes
* Pada menu sebelah kiri, kita klik Add Printer
* Klik Next
* Kemudian terdapat pilihan Local Printer, dan Network Printer. Kita pilih Network Printer karena kita akan menggunakan printer di komputer lain yang terkoneksi dalam sebuah jaringan dengan kita.
* Kemudian klik Next
* Pilih “Browse for printer”utk mencari printer yg telah disharing
* Setelah itu akan terlihat workgroup beserta nama komputer yang sudah disharing. Terlihat pula nama dan merk printer tersebut.
* Pilih printer yang sudah disharing di komputer lain tersebut.
* Kemudian kita tekan Next sampai Finish.

selamat mencoba..! Semoga bermanfaat

1 comment:

  1. thank berisi makna banget blognya,,,bravo

    ReplyDelete